SELAMAT DATANG

Reformasi kelas (Pendidikan)

Manajemen kelas merekomendasi pengelolaan kelas dengan pendekatan inovasi, semua sumber daya kelas selalu berada dalam kondisi yang dapat menimbulkan perhatian, motivasi, dan suasana yang menyenangkan peserta untuk merespon materi pelajaran.
Manajemen kelas dilihat dari aspekkemanusiaan

a. Perbedaan keadaan fisiologik
- Penurunan komponen indra
- Penurunan daya ingat
b. Perbedaan psikologik
- Bakat
- Minat
- Kecerdasan
- Motivasi
- Daya kognitif
c. Perbedaan karakter individu
- Kemampuan kognitif
- Pengalaman individu
- Penguasaan bahasa
- Social budaya
- Faktor usia


Manajemen kelas dilihat dari aspek sarana/peralatan
a. Ketersediaan dan pemilihan media pembelajaran
- Merangsang sisi afektif dalam pembelajaran
- Merangsang kemampuan kognitif
b. Menguasai ragam metode pembelajaran

Manajemen kelas dilihat dari aspek lingkungan

a. Suasana belajar
- Kebisingan
- Keakraban
b. Ruang kelas
- Lega
- Teratur
- Bersih
- Keadaan sesuai

Tips untuk pasilitator/ guru

- Dengar dan berikan penghargaan terhadap ide2 peserta didik
- Berikan pujian
- Berikan pertanyaan balik kepada peserta
- Mintalah contoh dari pengalaman peserta didik
- Bagilah pengalaman anda dengan peserta didik
- Akuilah jika ada ketidak tahuan atas jawaban (minta bantuan peserta)
- Hindari permasalahan dan menyatakan salah atau benar
- Tunjukan bahwa anda menikmati mengintruksikan peserta
- Berikan waktu tambahan kepada peserta jika diperlukan
- Fokus pada kebutuhan peserta dan bukan diri sendiri
- Ungkapkan kepercayaan kepada peserta
- Tanyakan pertanyaan2 yang dapat dijawab oleh peserta
- Buat catatan dan menindaklanjutinya
- Ciptakan prilaku positif melalui penguatan/penegasan kepada peserta
- Gunakan kata2 peserta pada saat menulis di papantulis
- Buatlah peserta merasa senang

Kesimpulan
- Manajemen kelas sangat mempengaruhi efektifitas proses belajar
- Hakikat manajemen kelas adalah pembaharuan sumber daya kelas agar dapat tercipta kondisi yang diinginkan
- Sikap individu, baik pasilitator atau peserta didik sangat mempengaruhi keaktifan proses belajar mengajar
- Evaluasi digunakan untuk mengukur hasil dan prilaku yang di harapkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter